Dengan adanya internet dan fasilitas mesin pencari seperti Google, Bing, dan seterusnya, online searching adalah salah satu bagian dari aktivitas pembelajaran di masa kini.

Skill atau kemampuan mencari dan menyaring informasi adalah keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap orang di era informasi ini.

Orang yang tidak mempunyai kemampuan mendapatkan informasi akan tertinggal oleh orang yang mengetahui informasi. Sedangkan orang yang pintar mencari informasi tetapi tidak mampu untuk menyaring, memilah, dan memilih informasi yang tepat dan berguna maka dia akan kebingungan akibat terlalu banyak menelan informasi.

Saya ulangi lagi realitas yang ada, terdapat banyak informasi berseliweran dimana informasi itu didapat dari aktivitas mendengar, membaca, atau browsing di internet.

Tidak semua informasi itu perlu diserap, karena selain informasi ada yang berdampak positif bagi kita, ada juga informasi yang berdampak negatif bila kita serap dan gunakan secara serampangan.

Oleh karena itu, kemampuan mencari dan memilih informasi yang tepat sangat perlu untuk dilatih kepada anak-anak kita.

Oleh karena pesatnya teknologi internet dan jika diberdayakan dengan tepat kita akan mendapat manfaat positif darinya, maka pada tulisan ini saya fokus kepada kemampuan mencari informasi di internet yaitu pada search engine yang terbesar saat ini ( Google ).

Learning by Searching ( aktivitas belajar melalui pencarian informasi )


Mencari informasi adalah natural learning behavior atau salah satu aktivitas belajar selain mendengar, berbicara / berdiskusi / presentasi, membaca, atau menulis.

Ada berbagai motivasi mengapa kita mencari sebuah informasi tertentu. Diantaranya adalah:

–          karena penasaran tentang sesuatu.

–          karena ada masalah sehingga mencari jalan keluarnya.

–          karena ada tugas dari guru sehingga kita mencarinya.

–          untuk mendapatkan informasi tambahan dari informasi yang ada.


Dan lain lain, apapun latar belakang orang dalam melakukan aktivitas pencarian informasi, maka aktivitas mencari informasi ini sangat memerlukan keterampilan khusus agar didapat informasi yang tepat dan berguna dan dapat membuang informasi yang sampah.

Mencari informasi di mesin pencari ( search engine )


Dengan berkembangnya kemampuan mesin pencari yang terkenal seperti google, yahoo, bing dalam menghasilkan informasi sesuai dengan kata kunci ( keyword ) yang kita masukkan kedalamnya, maka mengenalkan kepada anak kita searching ability ( kemampuan mencari informasi yang tepat ) adalah perlu agar anak-anak kita dapat membuang informasi yang tidak berguna dan memilih informasi yang tepat dan diperlukan.

 Agar dapat memilah informasi di atas, maka diperlukan juga kemampuan analisis dasar. Sehingga sang anak tidak hanya mengetikkan kata “energi alternatif” di sebuah mesin pencari lalu mencomot informasi tersebut.

Keterampilan analisis dasar mutlak diperlukan dalam hal ini.

Di bawah ini adalah langkah sederhana dalam rangka mencari dan memilah informasi.

Langkah dalam mencari informasi di Google


Dalam menuliskan langkah-langkah ini, saya mengambil studi kasus Ghayda yang mendapat tugas membuat kliping mengenai energi alternatif.


 1. Menentukan tujuan

Langkah ini sangat penting, sebab kita akan melakukan aktivitas pencarian informasi berdasarkan tujuan ini. Kita akan melakukan aktivitas yang berbeda sesuai dengan tujuannya.

Pada contoh ini, saya mendokumentasikan pengalaman dalam mengajari Ghayda dalam melakukan pencarian informasi.

Tujuannya adalah untuk membuat kliping, yaitu mengumpulkan gambar beserta informasi seputar energi alternatif.

Saya memberitahu kepada Ghayda bahwa pada umumnya kliping dapat dicari di koran-koran atau majalah. Jadi pada tahap ini, beliau sudah tahu bahwa fokus pencarian adalah di situs-situs koran atau majalah online.

Kesimpulannya, pada langkah pertama saja kita sudah memilah informasi yang tidak berguna karena kita fokus hanya ke website-website koran Indonesia online.


2. Menentukan keyword ( kata kunci ) yang akan dipilih.

Pada tahap ini saya bertanya kepada Ghayda agar beliau mempunyai pandangan dan arah yang jelas dalam proses pencarian informasi ini. Pertanyaannya adalah energi alternatif yang seperti apakah yang akan dibuat kliping? Apakah energi alternatif di Indonesia? Apakah mengenai profil usaha yang menggunakan energi alternatif? Atau penemuan energi alternatif terbaru?

Pertanyaan ini sangat penting, karena kalau kita mengetahui informasi yang sebenarnya kita cari, kita akan fokus pada keyword ( kata kunci ) tertentu, sehingga langkah ke dua ini kita sudah dapat menyaring dan memilah untuk mendapatkan informasi yang hanya kita perlukan saja.


3. Melakukan pencarian di mesin pencari google.

Langkah ketiga adalah langkah inti yaitu melakukan pencarian. Pada tahap ini, saya mengajarkan Ghayda tips melakukan pencarian di google dengan mengenalkan syntax dan operator yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi yang tepat guna.

Di bawah ini adalah operator penting dalam proses pencarian di google:


a. Tanda “ “

Tanda kutip dua di atas diberikan kepada keyword agar kita mendapatkan hasil yang sama tepat dengan  frase keyword yang kita ketik.

Misalnya: “energi alternatif” , ini akan menghasilkan seperti contoh di bawah:


contoh cara pencarian yang efisien di google


Google akan menampilkan Judul atau url atau isi artikel yang ada kata energi alternatif .

Jika kita bandingkan pencarian tanpa tanda kutip dua, maka google akan menampilkan judul atau url atau isi artikel yang bervariasi, misalnya:

- energi saja

- alternatif saja

- bisa saja kata alternatif nya yang lebih dahulu , seperti:  …… alternatif ……. energi ……

- bisa saja menampilkan kata yang sama artinya dengan energi atau yang sama artinya dengan alternatif, seperti:  ….. energi …… pengganti …….


Contohnya adalah gambar di bawah yang menunjukkan kata energi saja dan alternatif energi:

mencari informasi keyword tertentu di google yang efisien

b. Tanda dash (-)

Tanda dash ini digunakan untuk mengeluarkan ( exclude ) kata setelah tanda tersebut dari hasil pencarian.

Contohnya: kita ingin mencari sumber energi alternatif selain matahari, maka kita tuliskan sebagai berikut:

energi alternatif  -matahari

Google akan menampilkan hasil semua energi alternatif selain matahari. Dan google akan memberikan link hasil energi alternatif selain matahari. Lihatlah gambar di bawah:


contoh operator dalam pencarian di google


c. Operator  site:nama-domain

Operator ini jika ditambahkan dengan keyword akan menghasilkan seluruh informasi yang berkaitan dengan keyword tersebut hanya pada site yang kita tentukan.

Ini dia operator penting pada pembelajaran kali ini, sebab Ghayda bertujuan untuk membuat kliping.

Nah, kliping ini bersumber dari koran atau majalah. Jadi dengan menambahkan operator ini, maka Ghayda sudah melakukan penyaringan informasi yang banyak, karena beliau akan fokus pada hasil informasi yang terdapat pada koran atau majalah yang dituju.

Contohnya:

Energi alternatif site:kompas.com

Di bawah adalah contoh informasi yang didapat sehingga dapat dijadikan kliping untuk Ghayda.

contoh mencari informasi menggunakan site: di google


Untuk pembelajaran tips pencarian di google sehingga mendapatkan informasi yang tepat-guna saya cukupkan di sini, karena Ghayda sudah mendapat informasi yang beliau inginkan.

Sebenarnya masih banyak lagi operator dan tips cara mencari informasi di google, namun saya cukupkan di sini saja.

Belajar secara bertahap, sedikit demi sedikit, lalu dipraktekkan akan menghasilkan manfaat positif. Oleh karena itu, saya akan mengajarkan tips selanjutnya kepada beliau pada kesempatan berikutnya, In syaa Allah.


0 comments:

Post a Comment